00

.

Hati-hati Beli Properti untuk Investasi Saat Ini

Executive Director Cushman & Wakefield Indonesia, Handa Sulaiman, menyarankan kepada para konsumen dan investor agar berhati-hati membeli properti untuk investasi saat ini.

"Bisnis properti mengikuti pertumbuhan Produk Doestik Bruto (PDB). Kalau ekonomi melambat, properti ikut melambat juga," ujar Handa kepada Kompas.com, usai menjadi pembicara Business Forum di Orange County, Cikarang, Rabu (30/9/2015). 

Handa melanjutkan, properti dibeli untuk digunakan sendiri. Kalau untuk disewakan sebagai instrumen investasi, konsumen atau investor harus hati-hati. Terutama harus jeli memperhatikan kondisi pasokan (supply) dan permintaan (demand). 

Pasalnya, jumlah penyewa dan harga sewa mengalami koreksi sejak semester dua 2014 lalu. Handa mencontohkan, ruko yang selama ini sering dijadikan instrumen investasi mengalami kejatuhan tajam. Hanya 16 persen yang tersewa, 84 persen lainnya dibiarkan kosong. 


Kendati tak menyebut jumlah total populasi ruko, namun Handa menilai kondisi tersebut sangat berbahaya. Harga akan tertekan dan kemungkinan besar terkoreksi. Selain ruko, apartemen sewa pun mengalami penurunan. 

Menurut riset terakhir Cushman & Wakefield pada kuartal II tahun 2015, penurunan terjadi pada segmen tingkat hunian menjadi 61,46 persen. Angka ini 2,7 persen lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya. 

Demikian halnya untuk sub-sektor apartemen servis. Pelemahan terus berlanjut 2,5 persen dari kuartal I-2015 atau anjlok 9,4 persen secara tahunan. Sementara apartemen sewa servis, merosot 1,0 persen menjadi 82,2 persen. 

sumber : kompas.com

Anda sedang membaca artikel/iklan/testimoni tentang Hati-hati Beli Properti untuk Investasi Saat Ini dan anda bisa menemukan artikel/iklan/testimoni Hati-hati Beli Properti untuk Investasi Saat Ini ini dengan url http://www.v-property.info/2015/09/hati-hati-beli-properti-untuk-investasi.html,anda dapat memberikan komentar jika artikel/iklan/testimoni Hati-hati Beli Properti untuk Investasi Saat Ini ini sangat bermanfaat bagi anda, relasi/teman anda, anda dapat mem-bookmarks halaman link ini Hati-hati Beli Properti untuk Investasi Saat Ini supaya mudah terhubung dengan V Property

0 Response to "Hati-hati Beli Properti untuk Investasi Saat Ini"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Loading