00

.

Bunga KPR Tinggi Bisa Picu Lonjakan Kredit Macet

Jakarta -Bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terus bergerak naik. Di Indonesia rata-rata mencapai 13%. Ini termasuk yang paling tinggi di Asia Tenggara.

Analis Perbankan OSO Securities Supriyadi mengatakan, tingginya suku bunga KPR ini memicu tingginya angka kredit macet atau NPL perbankan.

"Kenaikan bunga KPR akan meningkatkan NPL. Bagi yang belum ngambil rumah, ini akan mengerem permintaan properti," kata Supriyadi saat dihubungi detikFinance, Senin (25/8/2014).

Dia menjelaskan, kenaikan bunga KPR ini ada dampak positif dan negatifnya. Dari sisi negatif, kenaikan bunga KPR yang terus merangkak bisa menimbulkan tingginya kredit macet.

Hingga Juni 2014, secara nasional rata-rata kredit macet perbankan mencapai 2,18%. Menurutnya, angka kredit macet tersebut masih terjaga meskipun secara amannya angka NPL berada di bawah 2%.

"NPL per Juni 2,18%, masih terjaga, harapan di bawah 2%, itu aman. Kalau sudah di atas 5% itu baru bahaya," katanya.

Dari sisi positif, Supriyadi menyebutkan, kenaikan bunga KPR ini akan mengerem laju pertumbuhan permintaan properti yang bisa menyebabkan kondisi bubble.

"Di China itu bunga KPR nya lebih tinggi dari kita. Itu sengaja agar bisa mengerem laju permintaan properti. Di sana sudah terlalu tinggi permintaannya tapi tidak disupport kondisi riil jadi bubble. Daripada bubble jadi bunga KPR dinaikkan," tandasnya.
(drk/ang)
Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance

Anda sedang membaca artikel/iklan/testimoni tentang Bunga KPR Tinggi Bisa Picu Lonjakan Kredit Macet dan anda bisa menemukan artikel/iklan/testimoni Bunga KPR Tinggi Bisa Picu Lonjakan Kredit Macet ini dengan url http://www.v-property.info/2014/09/bunga-kpr-tinggi-bisa-picu-lonjakan.html,anda dapat memberikan komentar jika artikel/iklan/testimoni Bunga KPR Tinggi Bisa Picu Lonjakan Kredit Macet ini sangat bermanfaat bagi anda, relasi/teman anda, anda dapat mem-bookmarks halaman link ini Bunga KPR Tinggi Bisa Picu Lonjakan Kredit Macet supaya mudah terhubung dengan V Property

0 Response to "Bunga KPR Tinggi Bisa Picu Lonjakan Kredit Macet"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Loading